Follow Me On Instagram

Assalamualaikum, welcome to sintianita blog :)

Sunday 20 December 2015

BULAN TERBELAH DI LANGIT DAYEUH KOLOT

bulan terbelah dilangit amerika



Malam indah tanpa lolongan anjing, cekukan bayi, dan suara makhluk  dimuka bumi. Terlihat langit menaburkan kegelapan dan bintang, tanpa ditemani bulan.

Tegeletak dua makhluk di atas kasur royal ukuran 120x200. Mereka dua sejoli yang baru ijab kabul 2 hari yang lalu. Tapi semua karna keadaan. Keadaan yang harus diterima keduanya karna cacatnya restu orang tua.
Asep, adalah anak pengusaha ayam yang nyaris go international, dia sarjana s3. Dan punya segalanya. Bahkan kekayaan nya tidak akan pernah habis sampe 7 turunan.

Namun asep punya kelainan, dia selalu membenci wanita kaya yang disetujui oleh ibu dan ayahnya. Pernah suatu waktu dia akan dijodohkan dengan calon pilihan orang tuanya. Sebut saja karsih. Karsih ini adalah anak seorang pengusaha juga, ayahnya merintis usaha surabi online yang kini merambah ke negara tetangga. Tentunya beliau juga saudagar kaya yang sederajat dengan asep.

Tapi semuanya musnah saat asep mengenalkan seorang kekasih hatinya, dia lebih memilih minah, perempuan desa yang terlahir dari keluarga kecil. Ayahnya hanya seorang pengumpul ranting2 pohon yang penghasilan nya hanya cukup untuk membeli sebungkus nasi rames untuk bertahan hidup.
Asep tidak pernah melihat keadaan minah yang serba kekurangan, karna cinta itu buta. Seperti asep yang selalu dibutakan oleh sikap dan tingkah laku minah, seorang gadis lemah lembut yang selalu sabar menghadapi ke egoan asep. Ya, cinta tidak akan terlihat oleh kasat mata. Tapi akan terlihat oleh kasat hati .

Hubungan 5 tahun yang dijajaki oleh dua sejoli ini berlangsung tanpa sepengetahuan orang tua asep. Setiap pacaran mereka selalu diluar rumah. Meskipun kaya, asep tidak pernah mengajak minah ke tempat mewah. Asep cenderung mengajak minah ke tempat makan pinggir jalan. Nasi pecel lele adalah menu andalan malam minggu mereka.
Minah tidak pernah mengeluh, bahkan dia selalu bersyukur tiap hari nya. hingga akhirnya asep memutuskan untuk meminang minah. Meminta minah dari abah berumur 60 tahun. Dan minah adalah salah satu anak perempuan satu satunya.

Suatu hari asep mengenalkan minah pada kedua orang tuanya. Dengan baju seadanya minah menggandeng asep dengan penuh percaya diri. Dan hingga akhirnya....

Asep : “mah, kenalin ini minah” sambil berdiri menyambut kehadiran mama nya yang terlihat seperti ibu nya tou ming seu.

Mama : “pembantu baru kita?” menjawab dengan ketus sambil membenarkan konde emas made in cikijing

Asep : “bukan mah, ini calon istri aku”

Mama : *membuka lebar kelopak matanya, lalu tergeletak lemas*

Asep pun memboyong mama nya ke ruma sakit dan minah juga ikut, namun keadaan ibunya semakin memburuk. Dia sadar saat minah pulang ke rumah.
Dan setelah sadar.

“tadi siapa? Kenapa kamu tega melukai mata ibumu?” tanya ibunya sambil berkaca kaca

“tadi itu minah, aku pengen nikah sama dia mah”

“anak siapa?”

“anak ayahnya dong mah, masa anak kucing” ledek asep sambil mengupas jeruk purut untuk ibunya

“maksud mama anak siapa dia. Anak jendral, anak tentara, bangsawan atau pengusaha kayak kita” sambil menaikan suaranya dan matanya yang nyaris exit.

“anak pengusaha ranting mah, tapi belum. Masih dalam proses” jawab asep santai

Hingga akhirnya ibunya pun tetap tidak merestui keduanya. Satu tahun pun berlalu, asep kawin lari.

Dan akhirnya ia menikah dengan minah. Dan tinggal di dayeuh kolot. Dengan kontrakan satu kamar, luas 3x5 itu mereka hidup. Menjalani hari tanpa mobil, kulkas, tv flat, komputer, laptop dan kekayaan yang dimiliki asep dulu. Mereka hidup apa adanya. Dan minah pun tidak pernah mengeluh sama sekali, karna dia mencintai asep, bukan hartanya.

Suatu waktu asep belum mendapat pekerjaan, sudah banyak perusahaan yang dia jajaki namun asep menolak karna gajinya yang tidak sesuai dengan gelar nya. hingga rejeki datang kepada minah, dia bekerja sebagai spg gehu bala bala di pasar dayeuh kolot. Mereka pun hidup dari gaji minah yang pas pasan.

Dengan giat, minah selalu melayani asep setiap pulang kerja, meski lelah dia selalu menyediakan makan untuk asep. Mencucikan baju dan membereskan semua pekerjaan rumah tanpa mengeluh.
Tapi lama lama asep bosan. Dia bosan dengan keadaan seperti ini yang hanya menyiksa dirinya saja. setiap hari asep makan dengan nasi dan goreng gehu yang dibawakan minah tiap harinya. Jauh ketika dulu dia sedang berada di rumah ibunya. Dia selalu memperlakukan minah layaknya babu. Namun minah tetap bertahan. Karna cinta minah pada asep sangat lah tulus.
Suatu ketika asep didatangi spg yang memakai rok mini. Pada saat minah sedang bekerja.

“permisi ....”

“silahkan masuk” asep membukakan pintu dengan mata yang terbelalak.

“bang, istrinya kemana?” tanya cewek putih sintal alumni saritem.

“lagi keluar dek, ada apa ya” tanya asep santai

“mau nawarin ini bang, kosmetik”

“loh saya kan cowok, nanti aja ya kalo istri saya udah pulang”

“kan bisa aja abang beliin, buat surprise istrinya gt. Nih coba liat dulu prodaknya” si cewek ngedeketin asep sambil menunjukan prodaknya

“aduh neng jangan deket2 nanti ada yang berdiri” jawab asep sambil ngebenerin celananya yang kian mengetat

“haha abang ini, mana sini aku olesin krim nya ya ke tangan abang. Ini krim oke banget bang, bisa memutihkan dalam waktu 2 menit.” Sambil mengambil krim lalu mengoleskan nya ke tangan asep

 Namun ketika itu, minah datang. Bagaikan di samber geledek, dan kejatuhan petir. Dengan soundtrack lagu cita citata sakitnya tuh disini minah langsung membiarkan air matanya berlinang . minah tidak tau apa yang terjadi, dia pergi meninggalkan rumah, asep dan perempuan itu. Asep berusaha mengejar namun dia kehilangan jejak di pasar dayeuh kolot. Kemudian asep pulang membawa kehampaan . semuanya terpecah belah, bagai bulan yang terbelah di langit dayeuh kolot.

Pagi hari.... asep terbangun dari mimpi buruknya. Dia mimpi minah pergi bersama laki laki lain berdasi yang membahagiakan minah. Dan mereka menikah hidup bahagia selamanya. Mimpi2 yang kian menghantui itu, mengerayangi alam bawah sadarnya. Bahwa minah sangat berarti. Minah adalah seorang istri yang baik, soleh, pekerja keras. Dan dia sangat mencintai minah.

Setiap sujudnya selalu di penuhi doa dan harapan agar minah kembali. Karna asep tidak tau kemana minah pergi. Bahkan ayahnya pun tidak tau keberadaan nya. hari hari asep begitu hampa. Masak sendiri, cuci baju sendiri dan kali ini dia berjualan cipotel di depan rumahnya. Tanpa sedikitpun ada fikiran dari asep untuk kembali ke rumah ibunya dan meminta maaf untuk dijadikan anak kembali. Tapi cinta asep kepada minah melebihi apapun. Keadaan seburuk apapun asep tidak menyerah.

4 tahun kemudian, asep hidup masih sendiri, dia merintis usaha cipotel yang kini sudah merambah ke malaysia. Ia menjadi pengusaha. Tapi hambar jika tidak ada istri yang menemani. Sudah beberapa perempuan yang mendekati asep, namun asep menolak. Ia hanya mengharapkan minah.
Hingga pada suatu hari, asep kedatangan tamu dari malaisia. Seorang pengusaha yang tertarik dengan bisnis cipotel asep. Seorang perempuan cantik yang membuka usaha gehu made in indonesia dan membuka store di malaisia.

‘“pak, hari ini ada schedule untuk meeting bersama clien baru”

“siapa? “ tanya asep sambil memandangi foto minah. Istrinya yang hilang

“aduh saya lupa namanya pak, nanti bapak temuin saja langsung di ruang meeting, kebetulan orang nya sudah ada”

“oke”

Pada saat asep membukakan ruang meeting, ternyata client itu adalah minah. Istri yang ia cari cari selama ini.
Tanpa basa basi asep menghampiri lalu memeluk minah dengan erat. Bagai balon yang tersisa empat.

Minah juga memeluk asep, dengan segenap kerinduan yang tertahan selama 4 tahun ini. Minah bercerita dia masih sendiri, begitupun asep. Minah meninggalkan asep karna kesakit hatian nya dan ketika dia tinggal di kostan dayeuh kolot dia di tawari untuk bekerja jadi tki di malaisia. Sebulan ia bekerja disana, dan bulan berikutnya dia membuka usaha gehu di malaisia. Dengan pencapaian omset yang tinggi dia bisa membeli rumah di malaisia.

“akhirnya aku menemukanmu minah” asep memeluk minah dengan tangis bahagia
“aku juga kangen kamu mas, aku janji ngga akan tinggalin kamu lagi”

“iya kita harus janji, ngga akan terbelah lagi di sini. Dayeuh kolot penuh cinta”

“apa dunia akan lebih baik tanpa aku mas?”

“iya, dunia lebih baik tanpa kamu. Karna dengan itu aku bisa menjadi pengusaha dan kamu juga”

“o iya?.... jadi keberadaan aku disini ngga kamu harepin?” tanya minah memandangi mata asep dengan senyuman menggoda

“eits, kamu belum denger kelanjutan nya. dunia lebih baik tanpa kamu, sementara. Bukan selamanya”

“aaaah gombal, hehe”

“iya karna cinta juga butuh spasi agar kita tau apa artinya kehilangan. dan ruang itu yang membuat kita berfikir untuk menjadi lebih baik"

Minah tersenyum dan merekapun hidup bahagia selamanya.




jangan telalu keras bacanya, Cerita ini hanya fiktif jenaka, jangan dibawa stress. Enjoy aja ya :)





35 comments:

  1. eaaaa... akhirnya asep dan minah bahagia, akhirnya bisa jualan bareng deh, merambah seluruh asia tenggara

    ReplyDelete
  2. Cukup asik alur ceritanya, btw gak asing gue denger "Dayeuh kolot"
    Dayeuh kolot bisa jadi cerita juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya :) iya dayeuh kolot tuh nama tempat dibandung . Daerah rawan banjir haha

      Delete
  3. Saya kira dayeuh kolot itu nama daerah hehe. Ternyata neng bisa juga ya bikin cerpennya seakan-akan neng termasuk yang humoris terlihat dari suasana cerita yang dibuatnya.

    Jadi penggemarnya ah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang nama daerah hehe. Alhamdulillah makasih bang. Ini uma terinspirasi aja kemaren abis nonton film BDLTA haha

      Delete
  4. ceritanya asyik..alurnya asyik juga. lucu juga ceritanya. dayeuh kolot itu apa?

    my widgetnya bikin ketawa.. *fokusnya nyamping juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bang ! Dayeuh kolot tuh nama tempat di bandung hehe

      Delete
  5. Hehehehe Iya ceritanya asyik nih ya, bacanya enak, serius saya langsung ketawa gitu ya pas Asep ngenalin minah ke mama nya, pembantu baru kita? Bukan Ma,,, wkwkwkwkw,,, surabi online juga bikin senyum juga tuh ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bacanya enak? Wih syukur deh kalo gitu kalo menghibur padahal cuma iseng haha

      Delete
    2. Mungkin gara-gara cuma iseng itu jadinya enak dibaca, jadi Mbak nyah tanpa beban gitu deh kayaknya ya, wkwkwkwkwkwkwkwkw :)hehehehe :)

      Delete
  6. Cerita nya asyik juga nih...jadi baper...hiks..hiks...cinta juga butuh spasi ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, sebenernya ini sedikit dari pengalaman juga sih mueehehe

      Delete
  7. Cerita nya asyik juga nih...jadi baper...hiks..hiks...cinta juga butuh spasi ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cinta butuh spasi hehehehe biar ngga engap :D

      Delete
  8. Konfliknya banyak ya ini cerita :") suka :D dari yang nggak direstui, asep bosan, salah paham, ditinggal, dan akhirnya happy ending :') cerdas idenya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaaah seneng nih baca komen yg nyemangatin gini . Jd pengen terus berkarya haha . Makasih yah! Tanpa comenters aku ga bakalan bisa lahirin ide cerita kayak gini :)

      Delete
  9. storynya rada2 mirip bulan terbelah di langit mamarika :D
    but, terbelah di langit dayeuh kolot seru juga storynya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya rada plagiat sih tapi beda judul beda cerita :)

      Delete
  10. dari awal mpe akhir, alurnya ngalir, klimaks nya juga dapet, a beautiful story...

    ReplyDelete
  11. Si Asep udah sempet bosen gitu ya, sampe memperlakukan Minah kayak pembantu, tapi Minahnya sabar mulu haha
    Udah gitu Minah pergi gara2 liat SPG ngolesin krim ke Asep haha

    Setuju sih, kadang emang perlu ngerasain kehilangan dulu buat bisa ngerti betapa berartinya orang yang ada di sisi kita, untung Asep sama Minah bisa balikan, ciyeeee~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaaa :) belajar dari kisah asep dan minah hihi

      Delete
  12. cerita sangat mengasik kan yo mb, salam kenal dan salam persahabatan :)

    ReplyDelete
  13. Asyik ceritanya, ngakak mulu masa kalo dideketin ada yang berdiri. Cuma menurutku ada kata yang mubazir gitu kek "salah satu anak perempuan satu-satunya" Tapi tetep lucu kok, menghibur :)

    Salam kenal ya :D

    ReplyDelete
  14. Orang Bandung ya, Nita? Banyak bahasa Bandung yang aku nggak ngerti, tapi ceritanya tetap ngena di hati. :))

    Kalau jodoh memang nggak kemana ya. Berpisah 4 tahun akhirnya ketemu lagi :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya icaaa :) kamu orang mana? Hihi makasih yaaa. Ntar aku sediain google translate khusus b sunda dh hihi

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Nice teh ,visit balik yah salam sunda london hee

    ReplyDelete

Ditinggalin mantan sih udah biasa, tapi ditinggalin tanpa komentar kayaknya belum terbiasa~
thanks ya yang udah kasih komen, ngga usah kasih hati entar baper.