Follow Me On Instagram

Assalamualaikum, welcome to sintianita blog :)

Sunday 6 December 2015

TIPS SESAT HADAPI INSOMNIA



"Akhu kalo tidur suka lebih dhari djam 00.00" 

ucap salah seorang temen gue. Namanya gina, dia gadis peranakan jawa bali jadi ya maklum kalo ngomong sedikit medok ledok mabok . Ya, memang dia agak sedikit lemot dengan tingkah dan kelakuan nya yg sedikit aneh. Contoh nya dia ga pernah makan nasi (ini serius)
Pertama gue shok, dan disitu gue langsung mengajukan beberapa pertanyaan serius :




Gue :
Wah? Yg bener? Serius?
Ah boong aaaaah? Seriuuuuus?
Seriusan?

Dia :
Serius, tanyain aja bang candil

Gue :
candil ? Kolek?

Dia : 
Kolek? Bau asem? Ada bulunya?

Gue :
Kelek somplak.....

Hmm.. engga sih, sejujurnya pertanyaan nya kayak gini :

Gue :
oh iya?
Dari kapan ga makan nasi?
Turunan ya?
Terus kamu makan apa selama ini?
ko bisa tumbuh?

Dia :
Iya
Dari kecil
Engga
Makan apa aja selain nasi
Bule aja bisa tinggi2 badan nya
Hmm. sebenernya dari kecil gue ga suka aja sama baunya, gue terinspirasi sama bule tanpa nasi gue harap gue bisa jadi bule.

Gue : *ngeces*

Ya, konon dia sangat anti karna ga suka bau nya doang. Dia tumbuh karna asupan susu dan roti gandum. Ngeri sih. Nasi kan makanan utama . Nasi juga penting buat otak kita . Nah disini gue mikir mungkin dia lemot gara gara kurang makan nasi? Hmm bisa jadi. 

Selain lemot dia juga kena penyakit insomnia. Dia selalu nemenin gue chat kalo udah lewat dari jam 00.00
Dan gue pun terserang penyakit insomnia karna udah dari dulu. Dari jaman nya gue kenal sama apa yg namanya galau. Galau bisa ngebuat gue memikirkan sesuatu yg jauh di bawah alam sadar gue. 

Sampe sampe gue ga bisa tidur tapi orang2 insomnia mereka mau tidur jam berapapun bangunnya pasti pagi.
Kalo insomnia gue bbm pacar pasti yg keluar dari ponsel gue bukan balesan bbm nya, tapi air liur nya. ya mungkin ini menandakan kalo cowok gue lagi bobo bareng hp dan menitikan seberkas acay pada ponselnya. Jadi kalo insomnia  biasanya gue suka diem, nyari cicak terus gue goreng .hmm enggaa...

Biasanya sih faktor yg ngebuat gue insomnia selain galau diantaranya :

1. Hp
Kalo gue udah maen hp yg lumayan ngasikin aplikasinya, gue suka betah meskipun mata gue udah protes dan mencaci gue "woy, kita pengen merem. Kita butuh tetes mataaaa!" Tapi gue ga denger mereka. Lebih dari kaka tiri cinderella sih, tapi gue kalo lagi asik ya gini ! Egois memang.

2. Pc / komputer
Ya biasanya sih kalo komputer gue paling suka aplikasi edit nya, kalo gue udah nemu enak pas ngedit gue pasti lupa segalanya, mandi, makan, bbm pacar, bahkan tidur (ini nyata)
Dan hasilnya ga sebagus yg kalian kira, ya lebih kayak gini sih :

coming soon...

3. Nulis
Nulis cerpen, blog, dan puisi bisa bikin gue ga bisa tidur karna senyawa mereka yg membutuhkan otak untuk berkerja. alhasil gue bergadang.

Itu lah beberapa faktor yg bisa membuat gue insomnia.
Intinya sih teknologi canggih, jaman skrg udah ga ayal orang terkena insomnia apalagi yg tinggal di daerah perkotaan. Coba kalian bandingin, di perkampungan itu maksimal mata melek kisaran jam 8an . dan lewat dari jam 8 mereka udah nyampe monaco, belanda, dan ada juga yg udah sampe prancis selfie di menara eifel ya dalam dunia mimpi mereka.

Gue akuin, Mungkin karna keadaan disana yg adem ayem, dan teknologi yg kurang tersedia. Alhasil mereka jam 05.00 juga udah stanby di sawah, di kebun dan di empang. Ya gue salut !
Tapi kini perkotaan yg membuat keadaan gue kayak gini. My life as how my stay.
Gue juga punya beberapa tips absurd buat meredakan insomnia :

1. Jauhi teknologi canggih, ya minimal jangan terus megangin hp, mandangin pc dan mandangin gambar porno.

2. Kalo ada lukisan kambing lagi nongkrong di kebon mending lu tempel di dinding deket kasur lo, pas mau tidur tinggal itung deh tu kambing (ala mr.bean)

3. Dengerin music yg ada di hp, tapi denger doang ya gausah di pegang hp nya. Kalo engga, cukup pake headset aja dan gue saranin dengernya lagu2 selow tapi ya jangan yg galau juga ntar lo kebawa suasana.

Nah itu sedikit tips buat lo yg sulit tidur.
Kalo gue sih ada faktor lain yg mendorong gue insomnia contohnya : laper .
Faktor ini emang yg dirasa ga pernah kita sadari tapi waktu itu gue pernah melakukan riset.
Gue waktu itu ga makan, karna ga ada makanan sih tepatnya . Ternyata cacing di perut gue juga ikut insomnia. Kalo mereka protes merengek minta di kasih asupan konon mereka akan nyalain musik kenceng2, disco, triping dan teriak2 pake toa yg lebih anarkis mereka akan membawa pedang dan menggoreskan nya ke lambung kita ( sedikit ulasan penyakit magh sih)
Ya disinilah mereka beraksi.
Dan gue pun ga bisa tidur karna kegaduhan isi perut. Dan besoknya gue coba makan sebelum tidur. Akhirnya gue bisa tidur dengan nyenyak..

Tips buat kalian, minimal sediain stock mie instant di dapur kalian.
Antisipasi warung tutup dan yg jual mie tek tek lagi cuti.
Gue juga punya beberapa efek insomnia, biasanya orang2 insomnia mereka akan mengalami gejala 5 L : lemah, letih, lunglai, lesu,lemot. Sering nguap2 dikantor, migren, ga bersemangat.
Ya mungkin karna ini gue agak sedikit lemot. Temen gue juga gitu. Ya buat lo yg ga pengen lemot jauhin insomnia ! Waspadalah




No comments:

Post a Comment

Ditinggalin mantan sih udah biasa, tapi ditinggalin tanpa komentar kayaknya belum terbiasa~
thanks ya yang udah kasih komen, ngga usah kasih hati entar baper.