Follow Me On Instagram

Assalamualaikum, welcome to sintianita blog :)

Thursday 10 December 2015

PENGANGGURAN BERKUALITAS


 Saat ini adalah hidup ternikmat yang pernah aku alamin. Tanpa ada patokan waktu, tanpa harus bangun pagi, dan harus tidur cepet. Semuanya bagaikan mules yang berhasil dikeluarkan dari kandangnya. Yap lega !
Jadi pengangguran itu nikmat bagi pandangan orang kerja, karna orang kerja selalu dipatok sama waktu. Mereka punya uang bisa beli segalanya tapi ngga punya waktu buat ngabisinnya. Sementara pengangguran punya waktu yang banyak tapi ngga punya uang untuk beli segalanya. Memang udah sepantasnya seperti ini karna tidak ada yang sempurna di dunia fana ini.



Dan pasti ada berbagai faktor untuk menjadi seorang pengangguran. Diantaranya memang sudah berusaha cari kerja tapi ngga pernah ada panggilan sekalipun dipanggil kerjaan nya ngga sesuai.diantaranya  Ngangkut menara sutet, bikin candi, atau bersihin langit. Ada juga sebagian orang yang memilih dirumah buat malas malasan untuk melakukan kegiatan hardolin. Dan jika status pengangguran sudah melekat dalam jiwa, sudah berusaha apapun tapi tetep nganggur mending tawakal aja dan belajar buat jadi pengangguran yang berkualitas.

Gimana caranya ta?

Berikut ada beberapa rombongan pencerahan buat para pengangguran yang ingin maju . cekibrot !

1.   Berguna bagi keluarga
Pengangguran identik dengan diam dirumah. Menghabiskan seluruh waktunya untuk dirumah. Dan keluarga adalah orang paling sering kita jumpai. Jika kerja tentu waktu yang kita berikan lebih banyak untuk rekan kerja. dan menghasilkan pundi pundi uang untuk diri kita sendiri maupun keluarga. Pengangguran? Tidak punya uang untuk memberi materi kepada keluarga. Maka dari itu kita harus mengorbankan tenaga untuk orang sekitar kita.
Contoh : minah sudah satu bulan tidak bekerja, dia sering membantu ibunya cuci piring, cuci baju dan cuci genteng. Selain itu dia selalu menyiapkan sarapan dan memasak setiap harinya. Menu yang di sajikan tiap hari juga selalu up to date. Semur kaki embe,tumis ikan koki dan lele rebus. Setiap hari dia selalu menciptakan ide kreatif untuk membuat keluarganya bahagia. Setiap ayahnya pulang kerja, minah selalu memijat pundak ayahnya yang terlihat kelelahan dari aktifitasnya.

2. Menghargai waktu
Bagi para pengangguran, waktu itu sangat murah Tapi tidak pada pengangguran berkualitas. Mereka akan sama seperti orang kerja. waktu adalah detik berharga yang tak bisa kembali saat kita melaluinya. Mereka akan mempergunakan waktu dengan baik. Tau dimana saat ibadah, tidur, makan, membantu orang tua, dan kegiatan positif lainnya.

3. Rajin beribadah
Berkaitan dengan waktu tadi. Ibadah sangat bisa dilakukan karna waktu luang yang sangat banyak. Dengan lebih dekat pada Tuhan, kita akan senantiasa diberikan berkah dalam menjalani hidup. Selalu terbuka dan meminta petunjuk agar diberikan jalan terbaik. dan jangan pernah lelah untuk berdoa agar senantiasa diberikan rejeki halal yang mengalir.

4. Menambah skill
Kita punya banyak waktu untuk terus belajar, menambah wawasan dan mencari ilmu. Bahkan pencarian jati diri bisa ditanamkan pada saat kita menjadi pengangguran. Berusaha untuk menambah skill, dan hobby yang menghasilkan. Apa aja hobby yang bisa menghasilkan?
Baca disini
Kita ngga perlu susah cari kerjaan kesana kesini buat dapat uang, toh dengan hobby kita bisa membeli apa aja yang kita mau. Tanpa harus berdasi dan berjas dengan segala macam tuntutan kerja yang bikin puyeng.

5. Bersosialisasi
Hubungan dengan orang lain sangatlah penting karna kita di takdirkan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Jangan sampai kita jadi pengangguran yang stuck tidak mau bergaul dengan orang lain. Yang kerja nya hanya makan tidur nonton tv. Sekali kali main keluar rumah atau berkunjung ke rumah tetangga siapa tau ada info lowongan pekerjaan. Atau selain itu juga bisa mengikuti karang taruna, kegiatan bakti sosial, agar hidup lebih berguna bagi sesama.

6. Selalu mau berusaha
Fikiran terbuka dan jiwa yang optimis memang sangat mempengaruhi seseorang. Ketika kita berfikir tidak ada tempat kerja yang sesuai dengan keinginan kita dan bahkan kita tidak pernah diterima di perusahaan manapun kenapa kita tidak putar balik pola fikir kita? Kenapa tidak kita sendiri yang membuka usaha untuk diri kita dan bahkan membuka lapangan pekerjaan untuk orang2 yang bernasib sama seperti kita. Memang dibutuhkan budget yang tidak sedikit untuk itu. Tapi mulai lah dari hal kecil. Selalu ingin belajar untuk mengubah sesuatu yang mustahil sehingga menjadi kenyataan.

7.  Pertahankan harga diri
Jangan pernah sekali kali kita meminta uang kepada orang lain. Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan daripada harus membuka telapak tangan untuk menerima uang kasihan dari orang lain.

Semoga dari point diatas bisa dengan mudah masuk kedalam pola fikir kita. bagi yang sekarang sedang mengalami pengangguran, baik itu perempuan atau laki laki semoga bisa cepat dapat kerja atau mungkin membuka lapangan kerja. apalagi untuk para pria, sudah seharusnya bekerja untuk menafkahi anak dan istri kelak. Nanti kalo ngga ada penghasilan mau ngasih makan keluarga apa? ...





No comments:

Post a Comment

Ditinggalin mantan sih udah biasa, tapi ditinggalin tanpa komentar kayaknya belum terbiasa~
thanks ya yang udah kasih komen, ngga usah kasih hati entar baper.